Selasa, 17 April 2012

Konsep Kebutuhan Dasar Manusia

Kebutuhan dasar manusia adalah unsur-unsur yang dibutuhkan manusia dalam mempertahankan keseimbangan fisiologis maupun psikologis, yang tentunya untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan. Kebutuhan manusia menurut Abraham Maslow dalam Teori Hirarki Kebutuhan menyatakan bahwa setiap manusia memiliki lima kebutuhan dasar yaitu kebutuhan fisiologis (makan dan minum), keamanan, cinta, harga diri, dan aktualisasi diri (Sumber: Potter And Patricia, 1997).
Ciri Kebutuhan Dasar Manusia
Manusia memiliki kebutuhan dasar yang bersifat heterogen. Setiap orang umumya memiliki kebutuhan dasar yang sama, akan tetapi terdapat perbedaan budaya, maka kebutuhan tersebut pun ikut berbeda. Dalam memenuhi kebutuhannya, manusia menyesuaikan diri dengan prioritas yang ada. Lalu jika gagal memenuhi kebutuhannya maka manusia akan berfikir lebih keras dan bergerak untuk memenuhi kebutuhannya.
Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Dasar Manusia
Kebutuhan dasar manusia dipengaruhi oleh berbagai factor, diantaranya adalah :
1.      Penyakit
Adanya penyakit dalam tubuh dapat menyebabkan perubahan pemenuhan kebutuhan, baik secara biologis maupun fisiologis, karena beberapa fungsi organ tubuh memerlukan pemenuhan kebutuhan lebih besar daripada biasanya.
2.      Hubungan Keluarga
Hubungan keluarga yang baik dapat meningkatkan pemenuhan kebutuhan dasar karena adanya saling percaya, merasakan kesenangan hidup, tidak ada rasa curiga, dan lain-lain.
3.      Konsep Diri
Konsep diri manusia memiliki peran dalam pemenuhan kebutuhan dasar. Konsep diri yang positif dapat memberikan makna dan keutuhan (wholeness) bagi seseorang. Konsep diri yang sehat dapat memberikan perasaan positif terhadap diri sendiri. Orang yang merasa positif terhadap dirinya akan mudah berubah, mudah mengenali kebutuhan dan mengembangkan cara hidup yag sehat, sehingga mudah memenuhi kebutuhan dasarnya.
4.      Tahap Perkembangan
Sejalan dengan meningkatnya usia, manusia mengalami perkembangan. setiap tahap perkembangan tersebut memiliki tingkat kebutuhan yang bebeda, baik kebutuhan biologis, psikososial, social, maupun spiritual, mengingat fungsi organ tubuh juga mengalami proses kematangan dengan aktivitas yang berbeda.
Pendapat Beberapa Ahli Tentang Konsep Kebituhan Dasar Manusia.
Virginia Handerson
Virginia Handerson membagi kebutuhan dasar manusia kedalam 14 komponen berikut :
1.      Bernafas secara normal.
2.      Makan dan minum yang cukup.
3.      Eliminasi.
4.      Bergerak dan memepertahan postur tubuh yang diinginkan.
5.      Tudur dan istirahat.
6.      Memilih pakaian yang tepat.
7.      Mempertahankan suhu tubuh dalam kisaran normal dengan menyesuaikan pakaian yang dikenakan dengan memodifikasi lingkungan.
8.      Menjaga kebutuhan diri dan penampilan.
9.      Berkomunikasi dengan orang lain dalam mengekspresikan emosi, kebutuhan, kakhawatiran dan opini.
10.  Menghindari bahaya dari lingkungan dan dan menghindari membehayakan orang lain.
11.  Beribadah sesuai dengan agama dan keyakinan.
12.  Bekerja sedemikian rupa sebagai modal membiayai kebutuhan hidup.
13.  Bermain atau berpartisipasi dalam berbagai bentuk rekreasi.
14.  Belajar, menemikan, atau mamuaskan rasa ingin tahu yang mengarah pada perkembangan yang normal, kesehatan, dan penggunaan fasilitas kesehatan yang tersedia. 


Jean Watson
Jean Watson membagi kebutuhan dasar manusia kedalam dua peringkat utama, yaitukebutuhan yang tingkatnya lebih rendah (lower order needs) dan kebutuhan yang tingkatnya lebih tinggi (higher order needs). Pemenuhan kebutuhan yang tingkatnya lebih rendah tidak selalu membantu upaya kompleks mausia untuk mencapai aktualisasi diri. Tiap kebutuhan dipandang dalam konteksnya terhadap kebutuhan lain, dan semuanya dianggap penting.
Gambar:
Hierarki Kebutuhan Dasar Manusia Menurut Jean Watson


Abraham Maslow
Dikenal dengan nama Teori Hierarki Kebutuhan Dasar Manusia:
1.      Kebutuha Fisiologis.
Adalah kebutuhan paling dasar, yaitu kebutuhan oksigen, cairan dan elektrolit, nutrisi, keseimbangan suhu tubuh, eliminasi, tempat tinggal, istirahat dan tidur serta kebutuhan seksual.
2.      Kebutuhan rasa aman dan perlindungan.
Dibagi menjadi 2 yakni fisik dan psikologis:
·         Fisik: meliputi perlindungan atas ancaman terhadap tubuh atau hidup seperti penyakit, kecelakaan, bahaya lingkungan, dan sebagainya.
·         Psikologis: perlindungan atas ancaman dari pengalaman yang baru dan asing seperti kekhawatiran seorang anak ketika masuk sekolah untuk pertama kali karena merasa terancam oleh keharusan untuk berinteraksi dengan orang lain.
3.      Kebuthan rasa cinta serta rasa memiliki dan dimiliki.
Member dan menerima kasih saying, mendapatkan kehangatan keluarga, memiliki sahabat, diterima oleh kelompok social, dan sebagainya.
4.      Kebutuhan akan harga diri
Kebutuhan ini terkait dengan keinginan untuk mendapatkan kekuatan, meraih prestasi, kepercayaan diri dan kemerdekaan diri. Selain itu, orang juga memerlukan pengakuan dari orang lain.
5.      Kebutuhan aktualisasi diri.
Merupakan kebutuhan tertinggi dalam Hierarki Maslow, merupakan kebutuhan untuk berkontribusi pada orang lain/lingkungan serta mencapaipotensi diri sepenuhnya.

Gambar :
Kebutuhan Dasar Manusia Menurut Abraham Maslow

Sumber Data : Buku Keperawatan.
Judul Buku : Pengantar Kenutuhan Dasar Manusia (Jilid 1).
Pengarang : A. Aziz Alimun H.
Penerbit : Salemba Medika
Halaman : 4 - 8
Tahun : 2006
Sumber Gambar : Google.com

0 komentar:

Posting Komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.

© Share Of Science, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena