Kamis, 19 April 2012

Metode Pengumpulan Data.


Metode Pengumpulan Data.
Merupakan cara peneliti untuk mengumpulkan data dalam melakukan penelitian. Sebelum melakukan pengumpulan data, perlu di lihat alat ukur pengunpulan data agar dapat memperkuat hasil penelitian. Alat ukur pengumpulan data tersebut antara lain dapat berupakuesioner atau angket, observasi, wawancara, atau gabungan antara ketiganya.
A.   Kuesioner atau Angket.
Kuesioner atau angket merupakan alat ukur berupa angket atau kuesioner dengan beberapa pertanyaan. Alat ukur ini digunakan bila responden jumlahnya besar dan tidak buta huruf. Selain itu, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam kuesioner dapat menggali hal-hal yang bersifat rahasia. Pembuatan kuesioner ini mengacu pada parameter yang sudah dibuat oleh peneliti sesuai dengan penelitian yang akan dilakukan. Angket terdiri dari 3 jenis, yaitu:
1.     Angket terbuka atau tidak berstruktur yang memberikan kebebasan responden untuk mengungkapkan permasalahan.
2.     Angket tertutup atau berstruktur dimana angket tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga responden hanya tinggal memilih atau menjawab pada jawaban yang sudah ada.
3.     Checklist atau daftar cek yang merupakan daftar yang berisipenyataan atau pertanyaan yang akan diamati dan responden memberikan jawaban dengan memberikan cek (x) sesuai dengan hasilnya yang diinginkan atau peneliti yang memberikan tanda (x) sesuai dengan hasil pengamatan.
Contoh:
1.     Angket terbuka.
Bagaimana pendapat anda dengan layanan persalinan di rumah bersalin ini?.
………………………………………………………………………
2.     Angket tertutup.
Apakah anda pernah melakukan persalinan di rumah bersalin ini?.
a.     Pernah.
b.     Tidak pernah.
NB :
Jika ya, berapa kali?.
·        1 kali.
·        2 kali.
·        >2 kali.
3.     Cheklist
No.
Pertanyaan
STS
TS
S
SS
1.
Pada usia bayi 0-4 bulan, saya hanya memberikan ASI saja.
X



2.
Saya memberikan Asi eksklusif pada kedua payudara saya secara bergantian.

X


3.
Saya menyusui tergantung kemauan bayi, kurang lebih jarak 3 jam.

X


4.
Dalam memberikan ASI eksklusif, saya usahakan sampai payudara kosong.


X

5.
Setelah Menyusui, bayi selalu saya sendawakan.



X

B.   Observasi (Pengamatan).
Observasi merupakan cara pengumpulan data dengan mengadakan atau melakukan pengamatan secara langsung kepada responden penelitian untuk mencari perubahan atau hal-hal yang akan diteliti. Dalam metode observasi ini, instrument yang dapat digunakan adalah lembar observasi, panduan pengamatan (observasi) atau lembar checklist.

C.   Wawancara.
Wawancara merupakan metode pengumpulan data dengan cara  mewawancarai langsung responden yang diteliti., metode ini memberikan hasil secara langsung. Metode ini dilakukan apabila peneliti ingin meneliti hal-hal dari responden secara mendalam serta jumlah responden yang sedikit. Dalam metode wawancara ini, dapat digunakan instrument berupa pedoman wawancara kemudian daftar periksa atau ceklist.

D.   Tes.
Tes ini merupakan metode pengumpulan data dengan memberikan beberapa soal ujian atau tes atau inventori. Ada beberapa instrument yang dapat digunakan dalam melakukan tes antara lain adalah : tes kepribadian untuk mengetahui kepribadian seseorang, tes bakat yang mengukur bakat seseorang, tes prestasi yang digunakan untuk mengukur pencapaian atau prstasi seseorang, tes intelegensi, san tes sikap untuk mengukur sikap seseorang.

E.    Dokumentasi.
;Dokumentasi merupakan metode pengumpulan data dengan cara mengambil dta yang berasal dari dokumen asli. Dokumen asli tersebut dapat berupa gambar, table atau daftar periksa, dan film documenter.
REFERENSI
Sumber Data              : Buku Keperawatan.
Judul Buku                  : Metode Penelitian Keperawatan Dan teknik Analisis Data
Pengarang                  : A. Aziz Alimun H.
Penerbit                      : Salemba Medika
Sumber Gambar        : Google.com
Halaman                      : 86 - 88
Tahun                           : 2007

0 komentar:

Posting Komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.

© Share Of Science, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena